Monday, March 10, 2014

Sejarah Telur Asin Khas Kota Brebes

sejarah telur asin brebes

Telur asin  merupakan oleh-oleh khas kota Brebes, tidak heran banyak pemudik saat lebaran yang melewati Kota Brebes menyempatkan diri untuk mampir dan membeli telur asin khas Brebes untuk oleh-oleh. Bagaimana industri telur asin bisa berkembang di kota Brebes berikut adalah sejarahnya, seperti yang dikutip dari liputan6.com.

Konon, telur asin itu pertama kali diperkenalkan suami istri asal negeri tirai bambu, China, In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio sekitar 1950. Pada awalnya telur asin menjadi makanan yang eksklusif, karena pasangan suami istri itu memasarkan telur asin ke Jakarta. Mereka memproduksi secara terbatas dan menjadikan telur asin yang gurih dan lezat dikemas sebagai salah satu hidangan istimewa.

Seiring berjalannya waktu produksi Telur Asin menyebar dan prosesnya berlangsung dari tangan pekerja yang awalnya bekerja pada In Tjiauw dan Tjoa. Setelah keluar, pekerja ini lalu membuat produksi dan menjualnya sendiri. Inilah awal penyebaran telur asin kepada masyarakat, tidak lagi eksklusif hanya dipasarkan ke Jakarta tapi dijual di Brebes dan sekitarnya. Salah satu Pedagang lain yang dipercaya sebagai pionir pembuat Telur Asin Brebes adalah Tjoa Kiat Hien dan istrinya Niati yang berjualan sejak tahun 1960. 

Usaha Telur Asin keluarga itu tetap berjalan dan diteruskan oleh anak ke-4 mereka, Tjoa Kiem Tien dengan merek Telur Asinnya yang bernama Tjoa. Usaha Telur Asin Brebes ini baru dikenal oleh masyarakat sekitar tahun 1965. Kini, dengan harganya yang bervariasi Telur Asin dapat Anda jumpai di beberapa tempat di Brebes, seperti di wilayah Kecamatan Wanasari, Jalan Pemuda, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Jenderal Sudirman. Di daerah-daerah itu banyak terdapat Telur Asin dengan beragam jenisnya.

Untuk 1 butir telur asin rebus, Agus menjualnya dengan harga Rp 3.500. Untuk telur asin bakar, harga yang harus dikeluarkan pembeli sebesar Rp 3.800. Tertarik membeli kuliner khas Brebes ini?

No comments:

Post a Comment