Tuesday, February 25, 2014

Jumat Kedua Bulan Oktober Sebagai Hari Telur Dunia

hari telur sedunia Hari Telur Sedunia di peringati setiap tahun pada hari Jumat kedua bulan Oktober. Hari telur dimaksudkan untuk mengkampanyekan/ mensosialisasikan manfaat telur sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dengan adanya perayaan hari telur sedunia diharapkan konsumsi telur meningkat.

Hari telur Sedunia ditetapkan untuk pertama kalinya pada konperensi Dewan Telur Dunia di Wina, Austria pada tahun 1996 yang memutuskan Hari Telur Dunia jatuh pada hari Jumat kedua di bulan Oktober setiap tahun. Indonesia memperingati hari telur untuk pertamakalinya pada hari Jumat tanggal 8 Oktober tahun 2010.

Kampanye tentang manfaat telur sangat penting mengingat telur memiliki kandungan gizi yang lengkap. Telur merupakan kapsul padat gizi, telur menyediakan 12% nilai protein harian dan sejumlah nutrient seperti A, B6, B12, folat, zat besi, fosfor dan zinc dengan hanya 75 kalori. Kuning telur merupakan sumber choline, satu nutrient yang kini dianggap esensial bagi kesehatan manusia.

Riset menunjukkan choline diperlukan untuk pembentukan jaringan otak dan memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung. Telur memiliki kelebihan lain yaitu harganya yang sangat terjangkau.

Menyadari berbagai keunggulan telur, sejumlah negara tertarik untuk mempromosikannya kepada masyarakat luas tentang manfaat mengkonsumsi telur. Hari telur sedunia di gunakan sebagai momentum untuk mensosialisasikan manfaat telur bagi kesehatan.

No comments:

Post a Comment